Walangsunsang Foundation Adakan Kursus Filsafat Islam

KESAMBI, (CNC).- Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Cirebon mengikuti kursus filsafat Islam selama tiga hari, mulai Jumat (24/2).   Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh lembaga swadaya masyarakat Walangsungsang Foundation bekerjasama dengan Islamic College for Advanced Studies (ICAS) Jakarta, di perumahan Pemuda Kota Cirebon.

Kegiatan dengan tema “Membangun Perspektif Holistik dalam Pendidikan Kritis”, mengahadirkan pemateri Salman Nano, M Basyir, dan Beni Susilo yang kesemuanya merupakan kandidat Doktor bidang Filsafat Islam dari ICAS Jakarta.

Ketua panitia Wakhit Hasyim dalam sambutannya, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh carut marutnya dunia pendidikan Indonesia yang telah memorak-porandakan sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Paradigma pendidikan Indonesia saat ini cenderung fragmentaris dan pragmatis sehingga hanya melahirkan generasi yang bercara pandang sesaat,” ungkapnya. “Pendidikan seharusnya menjadi solusi atas segala permasalahan, malah menjadi ajang bagi menjamurnya budaya koruptif, manipulatif, dan komersialis,” lanjut Hasyim.

Oleh karena itu menurut Hasyim dalam rangka menjawab permasalahan dunia pendidikan tersebut, diperlukan pembelajaran filsafat Islam untuk menggali suatu paradigma holistik dan menemukan metodologi pendidikan kritis ala filsafat Islam sebagai solusi atas permasalahan pendidikan saat ini.. (Ma’arif/J