STANDAR 1.

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran,serta Strategi Pencapaian

1.1    Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

Visi, Misi, Tujuan dan sasaran program studi  PMIAI ini pada awalnya disusun dan dirumuskan oleh para pendiri PMIAI Universitas Paramadina yang berkerja sama dengan The Islamic College London. Para pendiri PMIAI Universitas Paramadina itu adalah Prof.Dr. Nurcholis Madjid (Alm). Dr. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc, Dr. Haidar Bagir, dan Dr. Ali Muwahedi. Sejak awal didirikannya, Visi, Misi dan Tujuan PMIAI Universitas Paramadina ini tidak mengalami perubahan substansial. Hanya pada Sasaran Program Studinya dan Strategi Pencapaian saja ada sedikit perubahan atau pengembangan dan penyesuaian oleh para pelanjut pengelola Program Studi di masa berikutnya.

Visi program studi

 Visi PMIAI  Universitas Paramadina yaitu mewujudkan Program Pendidikan Magister Ilmu Agama Islam sebagai sebuah “School of  Islamic Philosophy and Islamic Mysticism for Dialog and Peace among Civilizations”  yang berstandar kelas-dunia (world class).

Misi program studi

Misi PMIAI Universitas Paramadina secara ringkas adalah:

  1. Menyediakan fasilitas pembelajaran yang berkualitas dan kondusif bagi para mahasiswa,
  2. Menyelenggarakan studi keislaman yang komprehensif, rasional, kritis-analitis dan metodologis sesuai dengan visi kerja sama global dalam suasana kebebasan berpikir, dialogis dan bermoral (etik) Islami, yang memampukan para mahasiswa untuk dapat mengembangkan dan menyempurnakan potensi akademik, intelektual, spiritual dan etika mereka,
  3. Mengembangkan keahlian berfikir analitis-kritis, semangat penelitian/riset ilmiah, kreatifitas dan kemampuan komunikasi dialogis,
  4. Mengembangkan kajian ke-Islaman (Islamic Studies) yang tetap setia kepada nilai-nilai dan ajaran teks-teks suci agama Islam (Al-Qur’an dan Sunnah) namun tetap mampu berdialog dengan berbagai unsur peradaban kontemporer,
  5. Berpartisipasi dalam upaya pencerahan pemikiran umat Islam untuk mewujudkan misi Islam sebagai Rahmatan lil’Alamin,
  6. Menyiapkan peserta didik menjadi lulusan yang memiliki pemahaman kesetaraan global, kesadaran ilmiah-religius dan mampu berkiprah dalam komunitas akademis internasional.

    Tujuan program studi

Tujuan PMIAI Universitas Paramadina secara ringkas yakni

  1. Membanngun dan membina lembaga pendidikan tinggi yang mengembangan kajian Islam secara mendalam, khususnya terutama yang terkait dengan kajian filsafat Islam dan tasawuf filosofis (Irfan/Islamic Mysticism), secara kritis dan apresiatif sehingga dapat berkontribusi bagi terwujudnya missi Islam sebagai Rahmatan lil-alamin.
  2. Pengembangan wawasan berpikir yang Islami, terbuka, progresif dan inklusif, selain mengembangkan kesadaran berpikir sosial yang kritis namun tetap setia pada teks suci (AlQuran dan Sunnah), sehingga dapat menyumbangkan gagasan dalam cita-cita besar bangsa, yaitu mewujudkan perdamaian masyarakat dunia yang berperadaban dan berkeadaban mulia.
  3. Menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang memiliki ketajaman nalar dan kemampuan analisa kritis, memiliki wawasan yang luas, berakhlak mulia, dan memiliki kepekaan nurani, serta kemandirian dalam bersikap dan berpendapat.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran PMIAI secara ringkas yakni:

  1. Menerapkan kurikulum yang menitikberatkan pada kompetensi ajaran Islam yang bermuatan filsafat (rasional) dan tasawuf (spiritual) yang mampu berdialog dengan berbagai peradaban dunia,
  2. Memiliki basis data alumni yang selalu terjaga informasi kekiniannya serta selalu menjalin komunikasi dengan para sarjana lulusan PMIAI,
  3. Meningkatkan jumlah koleksi buku perpustakaan, menyusun online & e-book library, dan sebagainya,
  4. Menjalin kerjasama multilateral di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan lembaga dalam maupun luar negeri,
  5. Meningkatkan kemampuan organisasi kemahasiswaan untuk dapat berperan aktif dalam mencermati berbagai isu sosial-keagamaan yang berkembang di masyarakat.
  6. Menjalin kerjasama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan lembaga dalam maupun luar negeri.
  7. Meningkatkan kemampuan organisasi kemahasiswaan untuk dapat berperan aktif dalam mencermati berbagai isu sosial-keagamaan yang berkembang di masyarakat.

 

1.2    Sosialisasi

               Visi, misi dan tujuan program studi tersebut di atas telah diupayakan penyebaran atau sosialisasinya baik secara internal dengan membangun pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan di lingkungan PMIAI Universitas Paramadina – The Islamic College for Advanced Studies (ICAS) , maupun kepada pemangku kepentingan lainnya serta masyarakat luas, melalui sarana publikasi baik media massa cetak (koran, majalah, buku) maupun media eletronik (radio, video,TV dan Jaringan Komputer Internet/website, video Youtube, blogs, mailist groups, email),  maupun roadshow promosi, event-event seperti seminar, diskusi, studium general, dll.  Sosialisasi internal dilakukan melalui pertemuan personalia structural maupun fungsional organisasi manajemen serta civitas akademika kampus. Adapun sosialisasi eksternal ini terutama dilakukan oleh bagian/Biro Students Enrollment dan Bagian Public Relation (Humas) PMIAI Universitas Paramadina – The Islamic College for Advanced Studies (ICAS).